Wow, Jenmani Kembali Naik Daun, Ditawar Hingga Rp20 Juta

Tri Indriawati/JIBI/SOLOPOS 151

Ilustrasi Jenmani Varigata (Googleimage)

KARANGANYAR – Setelah sekian lama terpuruk, jenmani kembali diburu di pasaran. Kebangkitan kembali tanaman anthurium khas Karanganyar ini dimulai sejak sebulan terakhir.

Varietas yang paling banyak diburu ialah jenmani varigata yang terbentuk lantaran adanya kelainan gen. Satu tanaman jenmani varigata ukuran sedang bahkan mencapai harga Rp20juta.

“Ini sudah ditawar Rp15 juta tapi enggak saya berikan,” ujar seorang pembudidaya jenmani asal Papahan, Tasikmadu, Karanganyar, Ispitri, 49, sembari menunjukkan sebuah tanaman jenmani varigata ukuran sedang.

Ditemui Solopos.com dikediamannya, Ispitri menunjukkan koleksi jenmani hasil budidayanya yang mencapai ribuan biji. Ketika harga tanaman tersebut anjlok beberapa tahun lalu, dia masih setia membudidayakannya.

Ispitri bahkan tidak menyangka harga jenmani bakal kembali menanjak. Dia baru menyadari tingginya harga jenmani varigata setelah mengikuti pameran tanaman di Taman Balekambang beberapa waktu lalu.  Saat itu, lanjut dia, seorang kolektor tanaman dari Jakarta tertarik pada jenmani varigata yang dibawanya. Orang itu kemudian menawar tanaman itu dengan harga tinggi.

Menurut Ispitri, tingginya ketertarikan kolektor pada jenmani varigata disebabkan keunikan yang dimiliki tanaman itu.

“Ini kan kelainan gen alami jadi unik, jarang juga yang punya,” imbuh dia.

Ispitri menuturkan tanaman hasil kelainan gen yang memiliki harga tertinggi yakni jenmani jenis cobra dan mangkok. Kedua varietas jenmani tersebut belum banyak dibudidayakan, sehingga termasuk dalam jenis tanaman langka.

“Jenmani cobra dan mangkok itu yang biasa saja harganya sudah tinggi, apalagi yang varigata bisa mencapai ratusan juta,” tuturnya.

Seorang kolektor tanaman asal Papahan, Tasikmadu, Edi Purwanto, mengaku sengaja datang ke kediaman Ispitri untuk mencari jenmani varigata. Namun, dia harus pulang dengan tangan kosong lantaran si empunya enggan menjualnya.

“Saya maunya yang masih kecil itu tadi, lebih kelihatan kelainannya, pengin saya pelihara sendiri sampai besar,” ujarnya.

Edi mengaku sebagai pemain lama dalam bisnis jenmani. Ketika mengetahui harga jenmani kembali menanjak dia langsung bergegas berburu tanaman langka itu.

151 Komentar untuk “Wow, Jenmani Kembali Naik Daun, Ditawar Hingga Rp20 Juta”

  1. saya mau jual cc daun 7 roset,glmbng cinta varigata,vagoda,supernova,dll,kmbng proyek juga,anting putri 1000 phn,pucuk merah dll,ada juga puring2 kelas,kipas dewa ,bali,puring kura tinggi 1,5 mtr bentuk kya pucuk merah.puring,oscar,ruby,seribu bintang,titanik,monalisa,terang bulan,kurasi,bor,spiral,dll,minat hub,0813 18175 222,firman,rw.kalong gnung sindur bogor

  2. Yang namanya dunia hobby baik itu burung, ayam, batu permata, lukisan, tanaman, dll, tidak akan pernah hilang. Selalu saja akan muncul penggemar-penggemar baru. Namannya dunia hobby tentu saja faktor “senang’ yang berperan besar. Namanya orang senang, berapapun harganya tentu akan dibayar. Hanya saja tingkat kepantasan harga yang mungkin menjadi perdebatan.
    Khusus untuk Anthurium, saya pribadi menjadikannya sebagai pilihan hobby saya. Pasar mau naik atau turun, tidak berpengaruh buat saya. Selama saya senang dengan sebuah tanaman, kalau saya mampu membeli akan saya beli. Mahal atau murah itu relatif, tergantung sudut pandang masing-masing.
    Tanggapan tentang adanya pergerakan tren akhir-akhir ini, kalau diperbolehkan, saya bermaksud memberi masukan. Bijaksanalah dalam mensikapi pergerakan. Jangan sekedar ikut-ikutan dengan harapan meraih keuntungan. Belilah karena anda senang. Dan berdasarkan pengalaman kami pribadi, belilah tanaman yang “berkarakter”. Jangan membeli asal-asalan.
    Sekali lagi kami mengingatkan agar Jangan ikut-ikutan membeli karena angan-angan, tetapi belilah karena senang. Rawatlah tanaman anda dengan hati, jangan sekedar ingin dapat bathi (untung).

    Abi Fahmi
    Humas Komunitas Anthurium SoloRaya
    Jl. Ir. Sukarno No. 1 Solo Baru
    085642360460

    • Sy sarankan ayo smua lapisan,dr ujung kulon sampai ujung timur,berkreasi menyilangkan jenmani utk mendapatkan varian2 br,varian yg blm pernah ada seblmnya,kita adu silangan2 terbaru?

  3. orang kalao hobi harga berapa aja di beli termasuk saya juga koleksi buat untuk di teras

  4. Wkowokwkookww… Pada BeKoar Koar untuk Menjual Jemani Masing2, yg dahulu Di beli Dengan Harga Selangit… wkookwwkowko
    Ayo Jual Jual Jemaninya…. hahahhaa

  5. kabeh podho dodol(jual) seng tuku copooooo?

  6. dijual berbagai macam jenmani harga nego…..
    hub 089662153272

  7. jual jemani gandrung masih remaja , tinggi daun 90 cm .
    minta rp.15 juta .
    bisa hub no hp.085204957682
    jajag, banyuwangi
    sutiyo

  8. Marno tawangmangu@yahoo.co.id

    Pak ispitri n sy minta no hp bpk

  9. yasin alam syah

    saya posisi dijember – jawa timur klau ada yg cari jemanii indukan dan lain@ bisa hub sya : 085230019384 – 081336000433

  10. dijual jemani Varigata Asli dari split tumbuh 2 tunas keluar varigata semua dijual cepat saja 3 jt nego hub no hp. 083 865 167 666 / 085 268 025 933. pemilik langsung tanpa perantara silahkan di cek di tkp cocok bayar ditempat,…no tipu2 bos…alamat di daerah kartasura bos….silahkan sms/tlp.

    • Dijual 25 pot induk cobra katalog tongkol 1-3 ,pjng daun 80cm-1m Dijual Borongan 500jt nego?
      Alamat dipondok labu jaksel
      Hp 081227016122
      pin bb 2921ff45
      No sms,hnya utk yg serius yg pnya dana segar aj,no maklar.

      • Mas Chi, kalo saya perhatikan komen2 yang masuk maupun yang menanggapi, sampeyan dari awal menentang, kok di akhir2 malah ikut jualan.. ada apa? maaf saya belum pernah lihat jenmanii cobra dengan panjang daun segitu.. paling banter sekitar 50cm.. Saya penggemar anthurium khususnya cobra catalog.. dan saya koleksi jenmanii yang menurut saya sejuk di mata.. walaupun orang banyak mencibir, khusus jenmanii apalagi yang cobra katalog saya pikir akan booming lagi soalnya dulu masyarakat kecewa tertipu dengan anthurium secara keseluruhan.. gelombang cinta dll itu dari bijinya akan muncul tanaman yang sama persis dengan induknya.. ga ada scarcity (kejarangan) yang membuatnya bernilai lebih.. beda dengan cobra catalog.. hrs ditanama dengan vegetatif (potong bonggo) baru persis dengan induknya krn merupakan hasil silangan dan kebetulan indah sekali. kalo burung yang bisa bertelur aja tetap mahal malah makin mahal apalagi cobra catalog.. Salam .. Muktia Jatisari Bekasi Selatan

  11. ta’ dol macem-macem kembang jemani teko’ seng ukurane gede sampe’ seng cilik lokasi d malang le’ gelem telpon no nang (0341)2869383 opo (0341)8178124

  12. ta’dol kembang jemani beberapa macem teko’ seng gede sampe’ seng cilik lokasine d malang le’ gelem hub 0341 2869383 opo 0341 8178124………….
    ayo bos monggo-monggo…………

  13. dijual jemani…….umur 45th. memuaskan

  14. dijual jemani king cobra daun 12. (5jt) dan Varigata (15jt lah) lebih rendah ddari yang ada di solo pos. bisa nego banget.
    085607110104

  15. sing do njaluk rego puluhan juta ki do nglindur po yo?
    neng sar nongko we regane gur atusan og paling

    • yang gituan biasanya dak punya barang….apa lagi varigata.

      • Mesagke…
        Padahal sing digoleki kolektor ki sing varigata.
        Sing do nglindur neng kene togke ae.
        Neg meh tuku neng deretan sar nongko kae sing bibitan gur 50ewu. Sing gede paling gur 500ewu.

  16. saya punya beberapa jenis bunga jemani dr yg besar sampai yg kecil jika berminat
    (0341)2869383 atau (0341)8178124 thanks

  17. halaaaaaahhhh meh ono apa maneh ki?

  18. kebetulan nie hobi tanaman. ikutan achhh.. kalo ada yang jual kurang dari 500rb jenis apa aja. kirim gambar ke email ane ya. jngkrk@gmail.com
    kalo menarik hati ya lgsg jemput.

  19. Ni Wayan Harmoni

    Saya punya King Cobra sekitar 10 tanaman di Denpasar, Bali…
    Jika anda ingin berminat, hubungi 0817354334

  20. sek adol wong sewu,sek tku wong 1,wonge neng jakarta,rangarti rupane,hahahahahahhaahhahahahahaha,tp rapopo,dr pada meneng

  21. saya punya jenis macam2 jemani
    yang minat hub 081944990556

  22. jual jemani king cobra besar
    alamat.jlan raya gadang gg 19 malang jawa timur..
    yang minat hub 081944990556

  23. jual jemani king cobra besar
    alamat.jlan raya gadang gg 19 malang jawa timur..
    yang minat hub 081944990555

  24. Sy punya 23 pot jemani berbagai jenis… Monggo mau liat dan nego. Pembeli serius bisa tlp 085740263540 pin BB 26F397A6. Wilayah ungaran. Suwun

  25. wiwied diarsa

    saya punya jemani cobra katalog.dewasa panjang daun hampir 60cm,13 daun dan punya indukan jemani mangkok 12 daun rosete keluar tongkol 1.bila berminat sms ke 0857 82 464 535

  26. saya punya JEMANI NAGA umur 4th, saya tawarkan cukup 15 JT saja….. jika ada yg minat silahkan hubungi 087717012980. Trimakasih

  27. Hari ini punyaku sdh ditawar 400 rb per pot anakan 5 daun broo.. tak lepas deh. kebetulan ada duapuluh pot. Alhamdulillah.. Oh ya .. Indukannya 2 pot. ditawar 7 jtan. g boleh lah yaa..

    • bagi teman2 yang minat ini dirumah saya lagi kebanjiran jemani all karakter n 70% indukan siap panen… melayani pembelian partai n eceran

  28. berbagai ukuran jenmani tersedia disini, dari yang terkecil sampai yang udah besar…dari varian jaipong, cobra dll….harga nego…hub 081228663581

  29. saya punya jemani indukan tinggi 80 cm tongkol ada 6 umur sekitar 10 th telp 08122620558

  30. saya punya indukan jemani tinggi 80 cm tongkol ada 6 umur sekitar 10 th telp : 081226205588

  31. jemani kobra daun 14..panjang rata2 40-50cm…call me 081329125474

  32. q punya jenmanii non cobra..panjang daun 30cm..belajar nongkol..ada 3 pot dengan ukuran sama..lokasi di prigen-pasuruan.. harga net 1 jutaan..
    minat langsung e-mail aja..

  33. Untung q duwe akeh

  34. Manfaate gae opo to janne jenmani kuwi…..????

  35. mbeling comp

    monggo nawak ne jemani sak duwur2 e gan,neng dados no prikso,daerah karanganyar bibar ngimpor jemani luar jawa pirang2 kontainer kabaripun.mergane niku jemani kulo tgkol 2 meh ngcang ijo 5 atosewu men GAK ENEK SG NGAMBUS GAN…Ngulup jemani MENEH..

  36. banyak hal yang lain yg disebut berjudi…termasuk membuka usaha..antara berhasil/hancur..nikmati aja yg disuka..klo saya ya biasa saja..yg jelas sekarang memang laku …realitanya ..kemarin saya pengen punya aja 1 ..anthorium kobra 700rb nggak boleh…ya nggak jadi aja beli.

  37. Jual jemani. Gakl tau jenis nya. panjang daun 80cm minat Hub 087839246870 lokasi Semin Gunung Kidul.. minat silakan hubungi no diatas.trims.. ( . ) ( . )

  38. smua yg terjadi di syukuri…smga mnjadi rejeki yg berkah

  39. hati2 money loundry biasa mau pemilu seperti saat booming dulu,kalau yang punya stock bibitan sendiri silahkan cepat dijual nggak usah ikut berburu biar duit partai jadi daun semua he..he..he
    WASPADALAH…WASPADALAH…WASPADALAH..kalau memang butuh anthurium coba kulakan ke america selatan disitu tumbuh liar masbro…!!!!

  40. saya punya jemani klo yg lumayan besar ada 2,untuk yg kecil2 ada 3 bila ada yg minat bisa hubungi saya di no 087887886426 ( posisi saya ada di Tangerang )

  41. saya punya dua jemani yg lumayan besar,dan bibitnya ada 3 masih tanggung2 klo ada yang minat hubungi saya ya di nomer 087887886426 ( posisi saya ada di Tangerang )untuk masalah harga nanti bisa di atur.trims

  42. JeinMoney,
    Mantaff Brooo,… Larriiiisss Maniiisss…. !!!
    ada yg mo lelang koleksinya???? trutama Indukan Cobra, berapapun banyaknya ada yg nampung neh!
    pls, call… 085331319997

  43. Saya punya jemani varigata jumlah daunnya 7 , lumayan gede . Siapa minat hub 08122606193 . Daunnya kuning

  44. saya punya jenmani varigata umur 7 tahun. panjang daun 70 cm..
    yg berminat silakan hubungi no saya..
    085646777992

  45. wkwkwkkw…kok podo dodolan kabeh…..terus seng tuko sopo????

  46. saya punya jemanai
    lo mau silahkan datang ke boyolali,ngemplak,sawahan,mojoasri rt1/7
    penawaran mulai dri 6juta

    cepetannnn

  47. 600.tak kasih.jemaniku uda besar,pot nya aja yg besar.ada 5 jemani,085641701333

  48. Aku punya 2,yg 1 tongkolnya 2 yg satu baru 1.dl cm dikasih org dr kecil.ada yg mau? 087834543095

  49. Jemani anakan harga masih rp 25 rban,
    Masih kategori wajar u tanaman penghijauan

  50. saya punya jenis sweet merapi,,termasuk unik,,,dan udah di tawar 4,5 juta,,dan saya minta 12,5 juta net,,jika minat ada yg minat hub:02713338471,,,alamat tawangmangu,,karanganyar

  51. saya punya sweet merapi,,,koleksi saya,,dan kemarin udah ada yg nawar 4,5 juta,,,dan saya jual harganya 11,700 juta jika ada yg minat hub no 02713338471,,induk yg udah tongkol,,juga,,,ada,,rata2 di jual 900 net

  52. ojongasiedan

    haha kok jik do gelem dibodoni.

  53. jenmani nang pasaran jawa Pon Wage Kliwon Legi Pahing…. masih kisaran 7000 rupiah mawon….ayoooo diburu monggo2 para calon jutawan hehehehe ,,,,,,,,,,,,sy cm nginpoh aje

    • Gak smua jenmani laku ms bro,g seperti wkt 2007,kali ini tren nya beda,brg karakter yg laku,varian varian baru trah dr cobra yg siap gebrak pasar,ini br pemanasan dan sedang adu silang yg nantinya ngeluarin varian2 yg blm prnh ada ms bro,diawali EK,MBK,COLKA,PAGODA COBRA, dan skrg ni mas bro denger2 ada yg nyilangkan cobra X golden, cobra X Escobar, cobra X Mangkok, cobra X Supernova yg nantinya akan gebrak pasar mas bro,jgn slh kaprah trs asal jenmani laku.

      • Sejarah ms bro dl th 74 boming kuping gajah,th 81 boming keris sama golcin,th 91 boming golcin,keris dan jenmanii,th 2004 jenmani,th 2007 spektakuler smua laku,2017 boming apa yaaa….hanya pemain kelas kakap ya tauuu…?

  54. 087838641810

    ak punya jenmani 3pot tongkol dua siapa yg mau nawar..lokasi gunung kidul.

  55. Aku punya jemani 12pot diborong 6jt saya lepas…saya obral yg mau hub 085293191199

  56. di malang harga indukan jemani non cobra masih kisaran 1,5jt. aku punya jemani cobra daun 7 panjang daun 30 cm lebar daun 12 cm roset tak jual 7 jt. minat hubungi o81945335921

  57. saya punya jemani kobra tinggi daun 90 cm, lebar 45 cm cuma 30 jt…
    berminat call 0857 3540 0182

  58. Mungkin bisa lht jemani saya..08562984168

  59. Saya punya jenmani lumayan banyak sudah besar..minat hbungi no.hp 08995804238.
    Almt bndungan,sumowono jl.bantir

  60. SAYA PUNYA JERMANI COBRA SENDOK SUDAH TONGKOL MURAH AJA 100JT

  61. saya punya jemani loe berminat bisa hub.081234209099

  62. mari kita birsifat bijak…ini salah satu perputaran ekonomi,..bagi yg bermateri lebih…bisa mengucurkan dana untuk para petani anthorium…tapi yg pas2 an ya jangan sampai jual rumah utk beli jenmanii…biar ndak stres..tapi setiap bisnis adalah baik dari pada ngarong.

  63. aku punya dr kecil mpe besar paling besar ukuran daun lebar 30cm minat komen

  64. DENMAS SUGENG JATEN

    JEMANI BOOMING PASTI MEMBAWA HIKMAH TERGANTUNG BAGAIMANA KITA MENYIKAPINYA SESUATU LANGKAH TINDAKAN DAN KEPUTUSAN PASTI ADA UNTUNG RUGINYA

  65. Saya punya jemani mangkok daun jumlah 16 besar 0,5 meter, varigata dijual, 3,5 juta siapa mau hub 08562815980

  66. Saya punya jemani mangkok roset bagus dayn junlah 16, varigata dijual 3,5 jt, hub 08562815980

  67. wowoow tu jemani mirip sekali yang ada di rumah saya

  68. wowowo,, itu jemani mirip sekali yang ada di rumah saya

  69. …………..MAINKE MENEH….ULAH SING DO RUGI MBIYEN,,,,,,,DI MAINKE MENEH BEN MBALIK MODAL………..
    ISO WAE KANGGO MANY LAUNDRY………….YO SOPO SING AREP DADI KORBAN NEH…..
    MONGGO..SAMI DODOL KULUPAN JEMENI

  70. mumpung harga naik segera dijual, dari pada ntar harga turun gak laku…

  71. q ada cpo sek glem nuku

  72. Saya punya banyak jenmani (indukan dan remaja)yang minat datang ke Jl. Pendawa lima, Kalisalak, Batang (085878215115)

  73. saya punya banyak koleksi jemani di rumah . monggo mampir di persinggahan saya . yg bertempat di madiun :)

  74. saya punya jemani tinggi 60cm tongkol 2
    wani piroooo?

  75. Jenmani memang asli musim lagi . Kemaren punya kaka sepupu saya udah gede banget ditawar 1,5 juta. (Daerah purwokerto)

  76. alif bagus s

    kemarin saya ngejual jemani istimewa cuma 500 rb.
    karena tmen dan dia juga bilang hanya buat dekorasi saja..
    apakah saya ketipu???

    • jelas ditipu mas, temenmu tahu kalo jemani hidup lagi dan jemani sampeyan mungkin hargane bisa 5 juta lebih

  77. Aku cari bunga jengmaniak ada ga ya wat nakutin tikus, coZ di rmh aku bnyk tikus,

  78. satyalencana

    aku golek jemani

  79. ikutan berburu ah,,moga aja dpt untung,,, gak ada slahnya mencoba,,,

  80. jauhari efendi

    tolong pak Is punya ku yang dulu berani berapa Papahan

  81. 089664508325
    aku punya banyak jemani saipa yang mau beLi….????
    Lokasi di SOLO

  82. aku punya jemani siapa yang mau beli
    lokasi disolo

  83. wah nek ada yang mau silahkan hubungi saya,saya punya mangkok n kombra…..

  84. kayaknya booming jemani episode II sdh sampai Semarang.
    kmrn pny teman di daerah Banyumanik Smg katanya laku 10 jt.

  85. demam jemani bener telah terjadi,3 pot jemani mangkok kakak saya yg di biarkAN d dpn rmh raip di gondol maling,karn dia tdk tau kalau jemani sekarg mulai di cari,

  86. kemarin sempat jalan2 ke Bandungan Ungaran…kata penjual bunga disana stok jemani lg kosong..katanya minggu kemarin diborong orang dari Jakarta.dengan harga yg cukup tinggi.

  87. pengen beli jemani daerah purwodadi di mana ya?buat koleksi

  88. ini strategi bisnis kawan….biarlah kita ikuti saja berita biar bener biar salah nggak ada pengaruhnya buat kita to…? monggo yang mau bisnis tanaman ini dilanjut aja….yang nggak suka ya monggo…….

  89. Saya mempuyai tanaman jemani yang sudah bertongkol 2 yang berminat silahkan datang kerumah yang beralamatkan kalioso kliwonan(pak sri tepo)

  90. yan ih diay at

    Wis mulai kentir meneh he he he….

  91. Mgkn bener, pnya sy jenmani mangkok ??? berumur 6th dl msh mahal kado dr sorang temen.. Skrg mlh dia tawar 5juta… Kasih g yaa ??

  92. sudah 2 orang ke tempat saya cari indukan …tapi do ngenyang 250-400

  93. kemarin saya juga baru jual jemani sdh nongkol cuma 250.000 apa benar harga sekarang yg sdh nongkol jadi jutaan?????

    • yang idukan 250 rb an saya mau mas lok msh ada tpi yg jenis bagus yaa buat pajangan

    • mas ngargoyoso mana mas minta no hp nya dong mungkin saya kesana lihat kbunnya lok ada yg bagus mungkin beli juga

      • aduh pak de mbok di sade ki mae ponaan mu axsa yo nduwe ijolono susu wae yo de tak tunggu ojo lali lho

  94. saya satu minggu ini juga berburu anthurium jenmani di daerah walikukun, ngrambe, kedunggalar sampai ngawi. alhamdulilah dalam satu minggu ini saya dapet untung bersih 2 juta. bagi yang punya indukan jenmani model apapun dimana sudah ada tongkolnya yang keluar biji kacang ijo saya mau mebeli Rp. 500 ribu per pot. jika ada yang mau menawarkan tolong hubungi nope 081234015999

    • Bos saya punya jemani cobra panjang daun 30cm. Umur kisaran 3th saya pelihara dan pastinya umur saya kurang tahu karena dulu saya beli sudah lumayan besar. Dan saya mau jual 3jt aja. Di jual cepat bisa hubungi saya 087700488008 lokasi curug sewu kendal jateng

  95. Anyake GORO GORO

  96. Badala opo maneh ikiiiiiiiiiiii……..

  97. halah boy.. boy..

  98. ane juga pernah rasain gan hasil jenmani yg dlu,cm hati2 kalo mau main dikira2 aja,ckup go tombo pengen ae,ane juga main.nek bati ndang di dol ben rakalah gan..yen di tando dadi pakan sapi…

  99. rejeki gak kenal waktu,

  100. rejeki gak kenal waktu, coba aja buktiin

  101. mari kita bersikap dewasa…saya jualan tanaman hias sejak 2002 smpe skarang..mengalami masa2 emas juga masa2 suram, itu hal yg biasa..dunia hobby emang ky gitu..harga “murah/standar” sy tetap beli/jual…harga “mahal/ga wajar” sy juga tetap beli/jual…yg pnting jngan kbawa emosi n nafsu untung gede yg berlebihan. (Suyatno..Banyumas)

  102. arep larang arep murah y wis ben,kok do ribut dw.jenenge wong seneng ki larang regane.iler wae larang opo meneh kembang.sak iki opo2 larang

  103. yen larang di colong ae gow urep………….okely

  104. semua bisa saja benar brow, bukti jemani naek lagi ada, beberapa hari ini jemani indukan di daerah ngawi banyak di buru para pembeli, mulai dari gebung,ngrambe, kdgalar di serbu sama teman2 dari argoyososo dan kemuning, termasuk rumah saya pun jg di datngi, jadi bs jd jemani mulai bangkit, ingat yang menawar kolektor brow jd bs ja harga y 20jt………

  105. ngapusiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii. Kpn acara nek mbalekambang.aq sek dadi tukang parker amben dino ae ra enek acara pameran kembang nek mbalekambang.jo percoyo ro wartawan PENDEK AKAL. gwe wodo2 jemani larang maneh

    • Kontes di Balekambang bulan Februari bukan apus-apus mas. Bahkan yang ngurusi parkir dan keamanan adalah petugas setempat. Monggo dicek ke petugas benar apa tidak hehehe

  106. jika beli sapi…hrga turun masih mendink bisa d makan dagungnya sama2 harga 20 juta
    jika beli jemani hrga turun emng orng mau makan tanaman wjwkwkw gblok

    • yaaa ada benarnya kata MAS ANDEK… (mending beli sapi,) tapi namanya hobi kok disamakan dg makanan.
      selera ndeso memang begitu… lhaa mendahe wero wong tuku lukisan setengah milyard??
      kiro2 mas andek semaput gak tangi….lhawong lukisan kok limang atus juta???? opo kate mangan pigura ????

      • betul mas boy,,,,, gimana orang makan berlian 200 milyar dari Kalbar. ya,,,,gimana orang mau makan Mobil mercy yaa. gimana orang mau makan Arowana 100 juta ya,,,,.gimana orang makan keris 1milyard ya,,,,,, Disyukuri Indonesia unik dan kaya raya.

  107. taii kuciing, bonku akeh ki lho no ngargoyoso

    • saya sendiri tidak bgitu percaya,tapi saya tetap suka dengan tanaman ini.
      ngargoyoso mana mas,tolong alamat lengkap.
      saya juga pcinta anthurium,klo banyak mungkin ada sbagian yg saya minati.

  108. ojo percoyo !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  109. Katrok….. ini cara – cara membuat berita agar orang percaya harga jemani mahal. Ngundang wartawan buat ngliput transaksi bohong bohongan.

  110. 20 jt???????wk wk wk wk mending jual aja…….

  111. Banyak yg stresss goro goro jenmani….awas hati hati

Syarat dan Ketentuan:
  • Tulisan singkat, padat, Sopan
  • Tulisan bukan SARA, bukan fitnah, tidak promosi atau mendiskreditkan pihak maupun produk tertentu.
  • Format HTML tidak dapat ditampilkan, hanya file text yang akan ditampilkan.
  • (required)

    A- A A+