PPDB ONLINE : 27 SMA/SMK di Klaten Terapkan PPDB Online

Shoqib Angriawan/JIBI/SOLOPOS 0

Ilustrasi mengakses internet

KLATEN--Sebanyak 27 sekolah yang terdiri dari SMA dan SMK negeri di Klaten  akan menggunakan sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online.

Kasubag Perencanaan dan Pelaporan, Dinas Pendidikan (Disdik) Klaten, Tridoyo, mengungkapkan 27 sekolah itu terdiri atas 16 SMA dan 11 SMK.

“Dengan PPDB online, pendaftaran siswa menjadi lebih akuntabel dan transparan. Sebab, pendaftar bisa dipantau oleh masyarakat secara mudah,” jelasnya saat ditemui Solopos.com di ruang kerjanya, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan nilai siswa akan diolah oleh sistem. Oleh sebab itu, panitia tidak bisa melakukan tindakan curang karena nilai tidak diolah oleh manusia. Dia juga yakin semua SMA/SMK negeri sudah difasilitasi oleh akses internet, sehingga semakin mempermudah pendaftaran secara online.

Dia mengakui PPDB online itu merupakan hasil studi banding ke Kabupaten Karanganyar yang sebelumnya juga telah menerapkan sistem serupa. Nantinya, pendaftaran SMA dan SMK negeri di Klaten dilakukan serentak selama empat hari, yakni pada 24-27 Juni 2013.

Nantinya, satu siswa  yang berminat melanjutkan ke SMA bisa memilih dua sekolah. Sedangkan, siswa yang berminat ke SMK bisa memilih satu sekolah dengan dua kompetensi keahlian.  Pihaknya telah memberikan pelatihan kepada sejumlah orang yang ditunjuk sekolah sebagai operator PPDB online. Nantinya, hanya operator yang bisa memasukkan data dan nilai dari pendaftar. Sebab, yang memiliki password masing-masing sekolah adalah operator itu.

Alur pendaftarannya, yakni calon peserta didik datang ke sekolah pada pilihan pertama. Kemudian, mengisi formulir pendaftaran dan operator sekolah melakukan input data pendaftaran atau nomor ujian siswa. Kemudian, operator mencetak tanda bukti pendaftaran. Setelah itu calon peserta didik masuk ke dalam jurnal seleksi dan bisa memantaunya secara online.

Data dari pendaftar akan dianalisis pada 1-2 Juli  dan pengumuman pada 3 Juli 2013. Siswa yang diterima diwajibkan melakukan daftar ulang ke sekolah tujuan pada 8-10 Juli. Dia mengungkapkan, siswa yang tidak diterima di sekolah negeri masih memiliki kesempatan untuk memilih sekolah swasta. Jadwal PPDB sekolah swasta dibuat satu hari lebih lama, yakni pada 24-28 Juni.

Data akan dianalisis pada 1-2 Juli dan pengumuman pada 4 Juli, sedangkan pendaftaran ulang dilakukan pada 9-11 Juli.  Nantinya, baik sekolah negeri maupun swasta masuk hari pertama Tahun Ajaran 2013/2014 secara serentak mulai 15 Juli.

Syarat dan Ketentuan:
  • Tulisan singkat, padat, Sopan
  • Tulisan bukan SARA, bukan fitnah, tidak promosi atau mendiskreditkan pihak maupun produk tertentu.
  • Format HTML tidak dapat ditampilkan, hanya file text yang akan ditampilkan.
  • (required)

    A- A A+