PILKADES KARANGANYAR: Besok Pendaftaran Ditutup, Incumbent Optimistis Terpilih Lagi

Kurniawan/JIBI/SOLOPOS 0

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)KARANGANYAR – Masa pendaftaran bakal calon kepala desa (kades) dalam agenda pemilihan kepala desa (pilkades) tahap II di Kabupaten Karanganyar akan ditutup besok Kamis (3/1/2013). Sejumlah calon yang masih menjabat atau incumbent menyatakan tetap optimistis mampu mempertahankan kursi kades kendati belasan incumbent dipastikan tumbang dalam pilkades tahap I Desember 2012.

Optimisme antara lain disuarakan Kades Papahan, Kecamatan Tasikmadu, Marzuki Sugiyono, dan Kades Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Pangat, Rabu (2/1/2013). “Sampai saat ini baru saya yang sudah mendaftar kepada panitia pilkades tingkat desa. Bila menilik dukungan dari masyarakat, saya tetap optimistis bisa mempertahankan posisi kades,” ujarnya di ruang kerja. Maruzuki mengakui cukup banyak incumbent yang keok saat pilkades tahap I. Namun hal itu menurutnya tidak akan terjadi di Papahan.

Dia menganalisis, kekalahan incumbent disebabkan buruknya kinerja selama mereka memimpin. Masyarakat merasa tidak mendapat banyak keuntungan dari kepemimpinan incumbent. Sehingga pada akhirnya masyarakat memilih kades baru dengan semangat perubahan menuju kondisi yang lebih baik. Selain kinerja buruk, menurut Marzuki, kekalahan incumbent disebabkan terlalu mengandalkan modal finansial.

Mereka beranggapan uang bisa mendapatkan segalanya termasuk hati calon pemilih. Padahal fenomena yang terjadi yakni calon pemilih menerima uang pemberian calon kades, tapi soal siapa yang mereka pilih sebagai kades tetap sesuai hati nurani. Ironisnya lagi Marzuki menilai, incumbent terlalu percaya diri menyambut agenda pilkades. ”Karena merasa punya uang mereka jadi terlalu yakin atau percaya diri,” imbuhnya.

Optimisme serupa disampaikan Kades Gondosuli, Pangat, yang berencana mendaftar calon kades Kamis besok. Kendati mengaku belum menusun program kerja prioritas atau gebrakan awal, dia menyatakan optimisme merupakan keharusan bagi setiap calon kades. Selain belum menyusun program kerja, berkas persyaratan pendaftarannya belum lengkap.

Terpisah, Kabag Pemdes dan Kelurahan Setda Karanganyar, Sunarno, meminta kandidat balon kades supaya segera mendaftarkan diri kepada panitia tingkat desa. Jangan malah menunda agenda pendaftaran seperti karena alasan berkas belum lengkap.

Syarat dan Ketentuan:
  • Tulisan singkat, padat, Sopan
  • Tulisan bukan SARA, bukan fitnah, tidak promosi atau mendiskreditkan pihak maupun produk tertentu.
  • Format HTML tidak dapat ditampilkan, hanya file text yang akan ditampilkan.
  • (required)

    A- A A+