PILKADA KARANGANYAR : Para Cabup Jabarkan Visi dan Misi

Bony Eko Wicaksono/JIBI/Solopos Comments Off

Solopos.com, KARANGANYAR--Para calon bupati-wakil bupati (cabup-cawabup) mengawali masa kampanye pemilihan kepala daerah (Pilkada) dengan menjabarkan visi dan misi serta program kerja selama lima tahun mendatang. Penyampaian visi dan misi dilakukan sesuai nomor urut setiap kandidat.

Penyampaian visi dan misi para kandidat dikemas dalam sidang paripurna istimewa yang digelar DPRD Karanganyar. Sidang paripurna istimewa tersebut digelar di Gedung DPRD Karanganyar, Kamis (5/9/2013) sekitar pukul 10.00 WIB. Setiap pasangan dijatah menjabarkan visi dan misi selama kurang lebih 30 menit.

Pasangan nomor urut satu, Aris Wuryanto-Wagiyo (Ayo) mendapatkan giliran pertama menyampaikan visi dan misi serta program kerja. Selanjutnya, pasangan nomor urut dua, Paryono-Dyah Shintawati (Pasti) mendapatkan giliran menjabarkan visi dan misi serta sederet program unggulan. Terakhir, pasangan nomor urut tiga, Juliyatmono-Rohadi Widodo (Yuro) menyampaikan visi dan misi serta program unggulan.

Pasangan Ayo yang diusung 12 partai politik (parpol) mempunyai visi Karanganyar tenteram, demokratis, sejahtera didukung pemerintahan yang profesional berbasis teknologi informasi. Sementara misinya antara lain peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Reformasi birokrasi pemerintahan, pengembanganan ekonomi kerakyatan, peningkatan infrastruktur, pemberdayaan masyarakat melalu program revitalisasi koperasi serta pengembangan sektor pariwisata dan budaya.

Adapun empat program kerja mendasar yakni melakukan tata pemerintahan yang baik (good goverment), percepatan pertumbuhan sosial ekonomi, meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dan peningkatan kualitas dan kuantitas pelayanan masyarakat di bidang pendidikan dan kesehatan. “Good goverment dan peningkatan SDM akan diprioritaskan termasuk pelayanan masyarakat di bidang kesehatan dan pendidikan,” ujar Aris Wuryanto.

Pasangan Pasti yang diusung PDIP mempunyai visi terwujudnya masyarakat Karanganyar yang mandiri, tenteram, demokratis, unggul dan berdaya saing guna mencapai Bumi Intanpari. Sementara misinya antara lain mewujudkan pertumbuhan ekonomi, meningkatkan pelayanan kesehatan dan pendidikan, percepatan pembangunan infrastruktur di pedesaan dan perkotaan, meningkatkan ketahanan pangan, menumbuhkan ekonomi kreatif dan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

Sementara program kerja pasangan Pasti yakni lima W meliputi Wareg, Waras, Wanggon, Wasis dan Waskito. Wareg dengan menciptakan lapangan kerja bagi usia produktif, Waras dengan meningkatkan pelayanan kesehatan, Wanggon dengan memperbaiki Rumah Tak Layak Huni (RTLH), Wasis dengan meningkatkan kualitas pendidikan secara gratis dan Waskito dengan meningkatkan kegiatan keagamaan di masyarakat. “Lima W akan menjadi program utama Pasti jika memenangkan Pilkada Karanganyar,” jelas Paryono.

Sementara pasangan Yuro yang diusung empat parpol mempunyai visi bersama memajukan Karanganyar. Pasangan ini mempunyai misi dan program kerja yang dituangkan dalam lima program unggulan yakni lima program unggulan, penciptaan 10.000 wirausahawan mandiri, pendidikan gratis hingga jenjang SMA, pembangunan desa sebagai pusat pertumbuhan dan peningkatan kualitas keagamaan, sosial dan budaya. “Lima program unggulan itu untuk menjawab problem Karanganyar lima tahun mendatang,” terang Juliyatmono.

Comments are closed

A- A A+