PILGUB JAWA TENGAH: KPU Klaten Sosialisasikan Pilgub Melalui Pentas Wayang

Moh Khodiq Duhri/JIBI/SOLOPOS 0

Ilustrasi wayang (Agoes Rudianto/JIBI/SOLOPOS)

KLATEN—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klaten memanfaatkan media pentas wayang kulit untuk menyosialisasikan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah (Jateng) pada Mei 2013.

Anggota KPU Klaten Bidang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), Suharso, mengatakan sosialisasi melalui media pementasan wayang kulit tersebut merupakan inisiatif dari KPU Klaten sendiri. Menurutnya, KPU Jateng hanya memerintahkan KPU kabupaten dan kota menyosialisasikan Pilgub Jateng kepada warga.

“Kami menggelar lima kali pentas wayang kulit. Dua di antaranya sudah digelar di Polanharjo dan Juwiring. Dalam jangka dekat, kami akan menggelar pentas wayang kulit di Pedan, Kantor KPU Klaten dan Manisrenggo,” terang Suharso kepada Solopos.com,baru-baru ini.

Suharso menilai media pementasan wayang kulit cukup efektif untuk menyosialisasikan pesta demokrasi yang dihelat sekali dalam lima tahun itu. Menurutnya, warga Klaten masih menaruh minat yang besar untuk menonton pertunjukan wayang kulit ini. Hal itu bisa dibuktikan dengan tingginya antusias warga yang menyaksikan setiap pementasan wayang kulit di Klaten.

Sosialiasi tentang Pilgub akan disampaikan sebelum pertunjukan wayang kulit dimulai. Di sela-sela berlangsungnya pementasan, KPU juga meminta waktu untuk menyosialisasikan Pilgub Jateng ini.

“Saat adegan Limbuk dan Cangik, saya sendiri yang akan menjadi dalang. Saat itulah, saya menyisipkan pesan tentang perlunya partisipasi warga dalam Pilgub Jateng mendatang,” terang Suharso.

Ketua KPU Kabupaten Klaten, Ngatmin Sumarto Pawiro, mejelaskan, segala informasi tentang Pilgub Jateng dipaparkan dalam sosialisasi melalui media pentas wayang kulit tersebut.

KPU sudah mengumumkan daftar pemilih sementara (DPS) di masing-masing balaidesa dan kelurahan. Adapun jumlah pemilih dalam DPS mencapai 1.013.867 jiwa dengan rincian laki-laki 495.550 jiwa dan perempuan 518.317 jiwa.

“Daftar pemilih tetap (DPT) akan diumumkan pada tanggal 1 April 2013 oleh PPS [Panitia Pemungutan Suara]. Kami minta warga menggunakan hak pilihnya demi kesuksesan Pilgub Jateng dan masa depan Jateng,” jelas Ngatmin.

Syarat dan Ketentuan:
  • Tulisan singkat, padat, Sopan
  • Tulisan bukan SARA, bukan fitnah, tidak promosi atau mendiskreditkan pihak maupun produk tertentu.
  • Format HTML tidak dapat ditampilkan, hanya file text yang akan ditampilkan.
  • (required)

    A- A A+