Penuhi Angkutan Akhir Pekan, KAI Operasikan Jaka Tingkir

Holy Kartika N.S/JIBI/Harian Jogja Comments Off

Harianjogja.com, JOGJA-Setiap akhir pekan, Kota Jogja masih menjadi daerah tujuan wisata utama di Indonesia. Kepadatan wisatawan domestik yang datang ke kota inipun mendongkrak permintaan transportasi darat, khususnya angkutan kereta. Melayani tingginya permintaan tersebut PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Jogja mengoperasikan KA Jaka Tingkir.

“Selama ini permintaan terhadap angkutan kereta saat weekend sangat banyak dan okupansinya selalu tinggi. Untuk itu kami akan mulai operasikan KA Jaka Tingkir mulai 8 Desember besok,” ujar Manager Humas PT KAI Daop 6 Jogja Agus Komarudin saat ditemui harianjogja.com, Kamis (5/12/2013) di kantornya.

Kereta kelas ekonomi AC nonsubsidi ini berkapasitas 742 kursi. Daerah tujuan utama kereta ini ke Stasiun Pasar Senen, Jakarta dan berangkat dan Stasiun Solo Jebres. Hanya untuk memenuhi permintaan angkutan di akhir pekan, kereta ini hanya dioperasikan pada hari tertentu.

“Kereta ini hanya akan melayani penumpang yang berangkat dari wilayah Daop 6 pada hari Minggu. Dan akan membawa penumpang dari Jakarta kembali menuju Jogja pada hari Senin,” papar Agus.

Agus mengatakan permintaan perjalanan baik dari Jakarta maupun sebaliknya dari Jogja atau Solo selalu tinggi. Apalagi saat akhir pekan, hampir semua kereta di semua kelas selalu penuh. Akibatnya, cukup banyak penumpang yang tidak terlayani angkutan ini.

“Rata-rata okupansi penumpang di hari-hari biasa bisa mencapai 80 persen. Sedangkan pada akhir pekan bisa mencapai 100 persen,” jelas Agus.

Dioperasikannya KA Jaka Tingkir telah menambah lagi jumlah kereta tujuan Jakarta di kelas Ekonomi AC yang berangkat dari wilayah Daop 6 Jogja. Sebelumnya sudah ada KA Bengawan, KA Progo, KA Bogowonto, dan KA Gajah Wong. Saat ini kereta api yang masih cukup tinggi okupansinya adalah KA Bengawan yang beroperasi setiap hari.

“Sejak Rabu lalu tiket KA Jaka Tingkir sudah terjual sekitar 10 persen. Harga tiket kereta ini masuk golongan nonsubsidi yang dijual dengan harga Rp90.000,” tandas Agus.

Kereta api Jaka Tingkir berangkat setiap hari Minggu dari Stasiun Solo Jebres pukul 17.35 WIB. Sementara dari Jogja akan berangkat dari Stasiun Lempuyangan pukul 18.32 WIB dan tiba di Pasar Senen pukul 04.54 WIB.

“Calon penumpang sudah dapat memesan tiket KA Jaka Tingkir ini sekarang dan dilayani agen, loket stasiun dan bisa juga melalui internet maupun minimarket,” kata Agus.

Comments are closed

A- A A+