MUDIK LEBARAN : Wamenhub Prediksi 2/3 Total Pemudik ke Jateng

Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/SOLOPOS 0

SOLO – Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub), Bambang Susantono, menyatakan 2/3 dari total keseluruhan orang yang mudik Lebaran bertujuan ke Jawa Tengah (Jateng). Hal itu berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada arus mudik sebelumnya.

“Untuk angka pastinya terus terang saya tidak tahu, tetapi berdasarkan survei hampir 2/3 orang mudik itu ke Jawa Tengah ini dari Jabodetabek,” ungkapnya saat ditemui wartawan di sela-sela tinjauan ke Terminal Tirtonadi, Sabtu (15/6/2013).

Lantaran hal tersebut, pihaknya meminta agar seluruh terminal terutama di Jateng segera mempersiapkan diri untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat arus mudik pada Lebaran 2013.

Disinggung soal kesiapan Tirtonadi, Bambang menyatakan Tirtonadi siap menampung arus mudik meskipun saat ini terminal tersebut masih dalam tahap pembangunan.

“Tirtonadi merupakan salah satu terminal terbesar menerima arus mudik Lebaran. Pada waktunya nanti harus sudah siap. Kalau ini sudah siap. Yang penting itu sirkulasi penumpang naik-turun seperti apa, pindah ke bus lain seperti apa. Apalagi ada arus puncak, ya pastinya ada manajemen khusus,” katanya.

Sementara itu, Kepala UPTD Terminal Tirtonadi, MV Djammila, menegaskan pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi secara internal guna mengantisipasi arus mudik pada Lebaran tahun ini.

“Untuk persiapan kami sudah lakukan koordinasi dengan petugas-petugas yang ada di sini serta langkah-langkah antisipasi,” urainya.

Kesiapan tersebut, lanjutnya, didukung dengan fasilitas yang lebih baik dibanding kondisi terminal pada Lebaran sebelumnya. Hanya saja, pihaknya menyayangkan banyak masyarakat yang belum mau menggunakan sepenuhnya fasilitas di terminal.

“Daya tampung saat ini memang tambah banyak. Sayangnya, masyarakat belum maun menggunakan penuh fasilitas di sini. Nanti kami tunjuk komunitas serta PO yang akan mengurusi itu,” katanya.

Syarat dan Ketentuan:
  • Tulisan singkat, padat, Sopan
  • Tulisan bukan SARA, bukan fitnah, tidak promosi atau mendiskreditkan pihak maupun produk tertentu.
  • Format HTML tidak dapat ditampilkan, hanya file text yang akan ditampilkan.
  • (required)

    A- A A+