MONITORING DANA BOS: Disambangi KPK, SMP Bantul “Panik”

Endro Guntoro/JIBI/Harian Jogja 1

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/kpk.go.id)

BANTUL – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) secara mengejutkan mendatangi sejumlah sekolah di Kabupaten Bantul, Rabu (22/5/2013). Kedatangan rombongan petugas KPK ini untuk inspeksi pemanfaatan bantuan Biaya Operasional Sekolah (BOS).

Salah satu dari 12 sekolah yang disambangi KPK adalah SMP Negeri I Bantul. Kontan beberapa guru dan karyawan yang saat itu sedang melakukan aktivitas rutin menyempatkan diri menemui rombongan yang datang menggunakan kendataan roda empat.

Fungsional Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK  Indraza Marjuki kepada wartawan mengatakan kedatangannya ke SMP 1 Bantul untuk memonitor pelaksanaan dana BOS. Pemilihan sekolah di Bantul dilakukan secara acak.

“Jadi ini kegiatan biasa KPK untuk melihat sejauhmana pelaksanaan BOS ditingkat daerah. Kami mengacak tiap kabupaten 12 sekolah. Ingat, ini bukan penyelidikan,”kata Marjuki.

Marjuki menjelaskan kegiatan monitoring penggunakan BOS tidak saja digelar di Kabupaten Bantul. Sebelumnya 12 sekolah di Kota Jogja juga dilakukan monitoring BOS. Kuat kemungkinan KPK akan menyasar 12 sekolah di kabupaten lain di DIY.

Kepada wartawan bendahara SMP 1 Bantul, Eni Purwanti mengaku sangat kaget menemui rombongan KPK datang secara tiba-tiba. Apalagi, menurutnya, sebelumnya tidak ada pemberitahuan maupun kabar akan ada tamu dari lembaga pemberantas korupsi yang tengah mengasah taringnya tersebut.

“Ini pertama kali pengalaman saya bertemu KPK. Kami bersyukur pertemuan tadi lancar,” ujarnya mengaku lega.

1 Komentar untuk “MONITORING DANA BOS: Disambangi KPK, SMP Bantul “Panik””

  1. eko subandono

    ya baik saya setuju biar dana itu sesuai sasaran

Syarat dan Ketentuan:
  • Tulisan singkat, padat, Sopan
  • Tulisan bukan SARA, bukan fitnah, tidak promosi atau mendiskreditkan pihak maupun produk tertentu.
  • Format HTML tidak dapat ditampilkan, hanya file text yang akan ditampilkan.
  • (required)

    A- A A+