KRIMINALITAS: Polres Sukoharjo Siapkan Program Laporan Tindak Kriminal Lewat On Air Radio

Trianto Hery Suryono/JIBI/SOLOPOS 1

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/dok)\SUKOHARJO – Petugas Polres Sukoharjo berencana menggelar siaran langsung atau on air di radio guna menanggulangi tindak kejahatan. On air akan dilakukan di tiga stasiun radio di Sukoharjo. On air bisa dilakukan oleh masyarakat jika melihat tindak kejahatan di sekitarnya.

Hal ini diungkapkan Kasat Binmas AKP Zunaidi melalui Kaurbinops Binmas Iptu Anita Kurdi, Selasa (15/1/2013) di kantornya. “Tahun ini Binmas membuat terobosan baru agar tindak kejahatan bisa ditekan, termasuk pelaku kejahatan bisa tertangkap. Ada tiga radio yang akan diajak bekerja sama untuk melaporkan tindak kejahatan. Selain lewat radio saksi mata bisa melaporkan tindak kriminalitas ke polsek terdekat,” ujar Anita.

Menurutnya, langkah on air dilakukan karena tindak kriminalitas terjadi di pelosok-pelosok. “Dalam waktu dekat binmas segera sosialisasi program terbaru tersebut baik melalui pemasangan stiker maupun pertemuan dengan warga.”

Diberitakan sebelumnya, Kapolres Sukoharjo, AKBP Ade Sapari menyatakan, gangguan kamtimbas selama 2012 di Sukoharjo sebanyak 473 kasus menurun 145 kasus atau 30,6% dibanding 2011 yang berjumlah 618 kasus. “Jika sepanjang 2011 terdapat 618 kasus dan bisa diselesaikan sebanyak 504 kasus tetapi tahun ini dari 473 kejadian yang diselesaikan berjumlah 398 kasus. Jadi penyelesaian kasus selama dua tahun terakhir naik. Di tahun ini penyelesaian kasus berjumlah 84,14% sedangkan setahun sebelumnya 81,55%,” ujar Kapolres.

Menyinggung soal waktu kejadian, Kapolres mengatakan, tren kejahatan terjadi pada pukul 14.00 WIB hingga pukul 18.30 WIB. “Kami berharap, pamswakarsa masyarakat ditingkatkan dan dimodifikasi jadwalnya sehingga pelaku kejahatan tidak diberi kesempatan untuk beraksi. Petugas sabhara akan menambah jam patroli.”

1 Komentar untuk “KRIMINALITAS: Polres Sukoharjo Siapkan Program Laporan Tindak Kriminal Lewat On Air Radio”

  1. SALUT UNTUK KAPOLRES SUKOHARJO, YANG AKAN MELAKUKAN PENYULUHAN LEWAT RADIO, JUGA MOHON ADA PENYULUHAN TERTIB BERLALU LINTAS, KARENA BANYAK ANAK ANAK SMP NAIK MOTOR TANPA HELM, PAK. RADIO MANA SAJA PAK? MOHON JUGA LEWAT RADIO SUARA MUHAMMADIYAH SUKOHARJO PAK.

Syarat dan Ketentuan:
  • Tulisan singkat, padat, Sopan
  • Tulisan bukan SARA, bukan fitnah, tidak promosi atau mendiskreditkan pihak maupun produk tertentu.
  • Format HTML tidak dapat ditampilkan, hanya file text yang akan ditampilkan.
  • (required)

    A- A A+