KPU Bantul Susun Daftar Pemilih Sementara Hingga 9 Juli

JIBI/Harian Jogja/Antara 0

BANTUL-Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul, hingga saat ini masih menyusun daftar pemilih sementara untuk Pemilihan Umum legislatif dan Pemilihan Presiden 2014.

“Kaitannya dengan tahapan pemilu, saat ini kami masih dalam proses penyusunan daftar pemilih sementara (DPS) yang berlangsung sampai 9 Juli mendatang,” kata Komisioner KPU Bantul Nuruddin Latif di Bantul, Selasa (25/6/2013).

Dalam menyusun DPS tersebut pihaknya mengoptimalkan semua panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) sesuai dengan wilayah tugas masing-masing.

“PPK dan PPS saat ini sedang ‘input’ data dari hasil verifikasi petugas panitia pemutakhiran data pemilih [pantarlih] sebanyak 2.298 orang sesuai jumlah tempat pemungutan suara (TPS), untuk kemudian diproses menjadi DPS,” katanya.

Ia mengatakan setelah semua data pemilih dipastikan masuk dalam daftar, maka hasilnya akan dirapatkan bersama untuk penetapan DPS pada 10 Juli, dan selanjutnya diumumkan ke publik sehari sesudahnya hingga dua pekan.

Dalam pemutakhiran data pemilih untuk proses penyusunan DPS, KPU Bantul mengacu pada jumlah daftar penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) di Bantul sebanyak 716.356 orang, jumlah tersebut termasuk daftar pemilih pemula.

Namun, kata dia, dalam DPS nanti pihaknya memprediksikan terjadi penambahan jumlah karena dalam pemutakhiran data pemilih tersebut, penduduk yang berdomisili di Bantul juga didata selain penduduk yang ber-KTP Bantul.

“Logikanya akan bertambah, karena DP4 itu yang murni penduduk Bantul, sementara pendataan selain berdasarkan pada de jure juga de facto, jadi seperti mahasiswa luar daerah yang berdomisili di Bantul tetap didata,” katanya.

Selain penyusunan DPS, katanya, dalam tahapan pencalonan anggota DPRD Bantul, pihaknya sedang menerima masukan dan tanggapan dari masyarakat untuk sebanyak 466 calon yang masuk dalam daftar calon sementara (DCS).

“Masukan dan tanggapan masyarakat untuk DCS masih kami terima hingga 27 Juni, sejauh ini memang belum ada masukan resmi kami terima, namun hanya masukan yang tidak memenuhi syarat, sehingga tidak ditindaklanjuti,” katanya.

Syarat dan Ketentuan:
  • Tulisan singkat, padat, Sopan
  • Tulisan bukan SARA, bukan fitnah, tidak promosi atau mendiskreditkan pihak maupun produk tertentu.
  • Format HTML tidak dapat ditampilkan, hanya file text yang akan ditampilkan.
  • (required)

    A- A A+