KLINIK ANDROID: Upgrade ke Jellybean Bagaimana Caranya?

Rini Yustiningsih/JIBI/SOLOPOS 3

Erwin Christanto (Ketua Android Solo)

Logo Android Solo

Klinik Android diasuh oleh Komunitas Android Solo. Kirim pertanyaan Anda seputar Android ke email Ketua Android Solo, Erwin Christanto ke christanto.erwin@gmail.com atau ke Twitter @bosswiin. Simak jawabannya di Klinik Android yang hadir di solopos.com dan di HU SOLOPOS edisi Minggu.

Salam Droid pembaca setia SOLOPOS. Pada edisi kali ini saya akan menjawab beberapa email yang telah masuk. Agar jawaban lebih tepat sasaran, dimohon bagi penanya mencantumkan tipe/merk HH (handheld), OS Androidnya, Sudah diroot atau belum? Tulis pertanyaan secara detail. Terima kasih.

Pertanyaan 

Irawan Umar <irawan9392@gmail.com>

Selamat Malam..Ane langsung aja mau tanya ni.. Upgrade HH ane ke jellybean itu bagaimana ya caranya? Ane ga ngerti apa itu odin. Samsung sudah memberikan upgrade ke jellybean cuma samsung indonesia belum. HH ane samsung galaxy s2. Oke Terima kasih.

Jawaban:

Salam Droid Mas Irawan…

Upgrade HH Anda ke Jellybean, caranya via Flashing dan jika HH Anda masih stockrom, saran saya Anda menunggu dari official Samsung yang di Indonesia, ditunggu aja? Tidak lama lagi kok?

Keuntungan lain masih menggunakan stockrom, proses update nantinya lewat OTA (Over The Air) yaitu metode pengiriminan data, proses update yang resmi disediakan oleh penyedia atau pembuat handphone langsung ke pemakai. Dengan OTA ini HH Anda bisa mengetahui jika ada update terbaru seperti Firmware, dan lain-lain.

Sedangkan odin itu sendiri adalah software yang dibuat oleh Samsung untuk proses flashing ROM Image dan komponen OS lain ke handphone Android. Proses ini memerlukan file berekstensi TAR dan PIT. Selain flashing melalui Odin,sebenarnya bisa juga dilakukan lewat Recovery mode.

Pertanyaan:

Khrisna Aditya <khrieztna232403@gmail.com>

Mau tanya Master Erwin….kenapa HH saya kadang suka restart sendiri….saya pake samsung galwe dan tidak saya root…apa karena memori kebanyakan? padahal saya sudah install app2sd dan masih ada lumayan space tersisa dimemori eksternal maupun internalnya…mohon pencerahannya…trims

Jawaban:

Salam Droid Mas Khrisna…..

HH restart sendiri? Bisa ditelusuri apakah ada aplikasi yang anda instal terakhir? Mungkin aplikasi itu yang dicurigai bikin crash di HH Anda, karena sebelum instal aplikasi itu, HH Anda tidak mengalami restart sendiri.

Memory penuh lebih cenderung ke HH menjadi semakin lambat proses loadingnya lama bahkan bisa hang, jarang sekali sampai menyebabkan restart. Kalau penanganan di atas masih belum teratasi, solusi yang lainnya coba di factory data reset dengan risiko data-data serta aplikasi favorit Anda akan kembali ke default, backup terlebih dahulu data-data penting Anda.

Kalau masih tetap belum berhasil, solusi terakhir HH Anda bisa dicek ke servis center, siapa tahu itu sudah masuk ke dalam kerusakan hardware. (Ketua Android Solo, Erwin Christanto)

 

3 Komentar untuk “KLINIK ANDROID: Upgrade ke Jellybean Bagaimana Caranya?”

  1. Selamat siang master…
    Langsung jj ane mau tanya hp ane galaxy young, mau ngingstall jelly bean dan ane udah nge root ….tapi setelah diinstall hp ane malah gg bisa…..mohon bantuannya..

  2. salam kenal mas bro,
    saya mau tanya ni…sebenarnya kalo hp cina cross a25 tu bisa di root gak si…kalo bisa tolong kasih tau caranya,root lewat recovery selalu gagal,apa file update nya gak cocok ato gimana ya…. mas,thx

  3. .halo mas bro.
    .aku mau tanya, kenapa ya kok tiba tiba memory eksternal di android xperia neo v ku penuh sendiri.
    .padahal aplikasi ku aku taruh di internal.
    .tapi eksternal malah penuh sendiri.
    .musik, gambar, dan video ukuran nya cuma 756MB, trus sisa memory 2GB kemana.?

    .tolong kasih solusi dan terima kasih.

Syarat dan Ketentuan:
  • Tulisan singkat, padat, Sopan
  • Tulisan bukan SARA, bukan fitnah, tidak promosi atau mendiskreditkan pihak maupun produk tertentu.
  • Format HTML tidak dapat ditampilkan, hanya file text yang akan ditampilkan.
  • (required)

    A- A A+