BLACKBERRY MESSENGER : Ini Cara Downgrade Ke BBM Versi 7

Jafar Sodiq/JIBI/Solopos Comments Off

Solopos.com, SOLO — Blackberry Mesenger (BBM) versi 8 mendapat banyak kritikan dari penggunanya. Meski menampilkan desain baru dan fitur BBM Channel, versi ini dikatakan tidak fungsional karena terlalu berat untuk digunakan di sejumlah ponsel Blackberry.

Tanggapan negatif terus muncul dari pengguna BBM versi 8. Dalam review di Blackberry World, hampir seluruh pengguna mengeluh upgrade versi BBM ini. Beberapa pengguna juga mempertanyakan cara melakukan downgrage atau kembali ke versi lama.

Jika Anda termasuk salah satu yang menginginkan downgrade ini, silahkan ikuti langkah berikut:

Langkah pertama, persiapkan untuk melakukan back up kotak BBM agar kontak di BBM Anda tidak hilang. Sejumlah versi tidak akan kehilangan kontak saat downgrade dilakukan. Namun untuk mencegah terhapusnya seluruh kontak, Anda dapat mengantisipasinya dengan melakukan back up.

Langkah kedua, hapus BBM Versi 8. Masuk menu Options, pilih Device lalu Application Management. Pada beberapa versi Blackberry tertentu, Anda cukup masuk menu Option lalu klik Applications, maka akan muncul aplikasi yang terinstal. Cari Blackberry Mesenger lalu hapus aplikasi ini. Setelah selesai restart ponsel Blackberry Anda.

Setelah Blackberry hidup, Anda dapat mengakses situs Blackberry dan klik kanal Blackberry Mesenger, yaitu http:// blackberry.com/messenger. Dalam kanal itu Anda akan langsung dituntun ke cara mengunduh aplikasi BBM Versi 7. Cara lain,  Anda bisa buka kembali Blackberry World. Login dengan Blackberry ID Anda, lalu cari Blackberry Messenger. Setelah itu instal seperti biasa.

Restart kembali Blackberry Anda. Jangan lupa restore kontak BBM yang tadi sudah Anda back up. Jika cara ini tidak berhasil, Anda bisa kunjungi forum Blackberry dengan mencarinya menggunakan aplikasi browser.

Comments are closed

A- A A+