SUMUR BOR: Warga Bak Dalem Bangun Sumur Bor

Dian Dewi Purnamasari/JIBI/SOLOPOS 0


MEMBANGUN-Warga Dusun Bak Dalem, Desa Sukosari, Kecamatan Jumantono bergotong-royong membangun instalasi sumur bor yang akan dialirkan ke 150 kepala keluarga (KK), Selasa (22/5/2012). (Dian Dewi Purnamasari/JIBI/SOLOPOS)

KARANGANYAR–Warga Dusun Bak Dalem, Desa Sukosari, Kecamatan Jumantono, Karanganyar membangun sumur artesis atau sumur bor dengan kedalaman 110 meter.

Dana pembangunan sumur bor dianggarkan sekitar Rp164 juta diperoleh dari dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) dan iuran swadaya masyarakat.

Ketua RT 003/RW 004 Dusun Bak Dalem, Desa Sukosari, Suwahyo, mengatakan mayoritas warga dusun memiliki sumur yang airnya keruh pada saat musim penghujan. Beberapa sumur juga disinyalir tidak layak dikonsumsi karena warna airnya yang tidak jernih dan mengandung kapur.

“Terutama kalau musim penghujan airnya keruh. Makanya kami meminta warga untuk iuran Rp600.000/kepala keluarga (KK). Di sini ada 150 KK,” ujar Suwahyo saat ditemui Solopos.com, Selasa (22/5).

Air yang berasal dari sumur bor itu, akan ditampung di dalam bak penampungan ukuran 2,5×2,5×2 meter. Selanjutnya, air akan disalurkan ke rumah-rumah warga dengan pipa air. Pembangunan instalasi saluran itu sudah dimulai sebulan lalu, tetapi belum selesai dikerjakan. Warga menargetkan pembangunan selesai kira-kira satu bulan ke depan. Selain menunjuk tenaga yang dibayar, warga juga bergotong-royong mengerjakan proyek air bersih ini.

Salah seorang warga, Cokro, menyambut antusias program air bersih ini. Ia berharap akses air bersih di Dusun Bak Dalem semakin mudah. “Meski sudah punya sumur dan pompa air saya tetap akan memasang instalasi sumur bor itu. Karena mungkin airnya lebih layak dikonsumsi,” tandas dia.

Syarat dan Ketentuan:
  • Tulisan singkat, padat, Sopan
  • Tulisan bukan SARA, bukan fitnah, tidak promosi atau mendiskreditkan pihak maupun produk tertentu.
  • Format HTML tidak dapat ditampilkan, hanya file text yang akan ditampilkan.
  • (required)

    A- A A+