Puluhan Mahasiswa dan Pelajar Terima Beasiswa Sintawati

Tri Rahayu/JIBI/SOLOPOS 0

Ilustrasi (google/anneahira.com)

SRAGEN–Bupati Sragen, Agus Fatchur Rahman, menyerahkan bantuan beasiswa untuk puluhan mahasiswa dan siswa miskin dari sejumlah daerah di Bumi Sukowati, Rabu (14/11/2012).

Beasiswa itu diberikan melalui program kartu Sintawati di Unit Pelayanan Teknis Penanggulangan Kemiskinan (UPTPK) Sragen.

Penyerahan simbolis dilaksanakan di Ruang Sukowati Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab Sragen. Penyerahan simbolis itu disaksikan sejumlah pejabat daerah, seperti Komandan Kodim 0725/Sragen Letkol (Inf) R Wahyu Sugiyarto, Wakil Bupati Daryanto dan Ketua Pengadilan Negeri (PN) Didiek Riyono Putro. Puluhan kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan para kepala sekolah turut serta menghadiri seremonial itu.

Bantuan beasiswa itu berasal dari dana APBD senilai Rp200 juta dan dana corporate social responsibility (CSR) perusahaan swasta senilai Rp10 juta. Beasiswa itu diberikan kepada 32 mahasiswa dan 20 orang pelajar SMA/SMK/MA dari berbagai sekolah di Kabupaten Sragen.

Setiap mahasiswa menerima beasiswa senilai Rp2 juta per semester plus biaya hidup Rp300.000/bulan. Sedangkan setiap siswa mendapat bantuan pendidikan dua semester dan biaya hidup untuk 10 bulan.

Selain program Sintawati, UPTPK juga memiliki program lain, seperti kartu saraswati untuk kesehatan sebanyak 7.500 rekomendasi senilai Rp8,5 miliar, program kartu Sintawati diberikan kepada 797 siswa/mahasiswa dengan alokasi dana APBD Rp200 juta.

Selain itu program kartu Susilawati untuk pembangunan rumah tak layak huni (RTLH) senilai Rp3 juta per rumah untuk 1.000 unit rumah dan program kartu sang duta untuk 1.541 santunan kematian senilai Rp1,2 miliar.

“Saya berharap alokasi anggaran untuk beasiswa miskin ini terus meningkat setiap tahun. Tahun ini APBD ada Rp200 juta, tahun depan meningkat Rp400 juta dan tahun berikutnya Rp600 juta hingga akhirnya sampai Rp1 miliar. Saya mengimpikan ada anak Sragen yang bisa menjadi presiden,” tegas Bupati, Agus Fatchur Rahman, dalam sambutannya.

Syarat dan Ketentuan:
  • Tulisan singkat, padat, Sopan
  • Tulisan bukan SARA, bukan fitnah, tidak promosi atau mendiskreditkan pihak maupun produk tertentu.
  • Format HTML tidak dapat ditampilkan, hanya file text yang akan ditampilkan.
  • (required)

    A- A A+