Penerapan Perda PKL Tunggu Perbup

Moh Khodiq Duhri/JIBI/SOLOPOS 0

ilustrasi (Espos/Sunaryo Haryo Bayu/dok)

KLATEN—Penerapan Peraturan Daerah (Perda)  tentang Penataan Pengaturan Pembinaan Pedagang Kaki Lima (PKL) menunggu terbitnya Peraturan Bupati (Perbup) Klaten sebagai petunjuk teknis.

Kepala Bidang Penegakan Perda Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Klaten, Rinto Padmono, mengatakan Satpol PP siap melaksanakan Perda PKL tersebut. Namun, menurutnya, penerapan secara teknis membutuhkan perincian yang berbentuk Perbup Klaten.

”Perlu ada penjelasan lebih rinci tentang jenis-jenis pelanggaran PKL yang bersanksi denda,” papar Rinto saat ditemui Espos di Klaten, Kamis (30/8).
Dalam Perda itu, sanksi bagi PKL yang melanggar ketentuan berupa denda maksimal senilai Rp50 juta. Nilai denda, kata Rinto, tergantung jenis pelanggaran yang dilakukan PKL.

Denda maksimal diberikan bagi PKL yang melakukan pelanggaran berat atau berjualan di tempat terlarang kendati sudah diperingatkan berulang kali.
”Denda ditetapkan persidangan di pengadilan. Tugas dan wewenang Satpol PP hanya menertibkan PKL. Peralatan PKL kami sita, berkasnya kami bawa ke pengadilan untuk menimbulkan efek jera,” kata Rinto.

Rinto berharap para PKL di Klaten diakomodasi oleh Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Disperindagkop dan UMKM) Klaten.

”Seharusnya PKL tidak sekadar ditertibkan. Pemkab Klaten harus mencari solusi untuk mengakomodasi kepentingan mereka,” kata Rinto.
Sekretaris Fraksi Partai Demokrat DPRD Klaten, Yoyok Sugeng Riyanto, berharap penberlakukan  Perda PKL menciptakan kenyamanan lingkungan bagi warga Klaten.

” PKL selama ini membuat lingkungan terkesan semrawut, tidak teratur, mengganggu keindahan, ketertiban dan kebersihan lingkungan,” kata Yoyok.

Syarat dan Ketentuan:
  • Tulisan singkat, padat, Sopan
  • Tulisan bukan SARA, bukan fitnah, tidak promosi atau mendiskreditkan pihak maupun produk tertentu.
  • Format HTML tidak dapat ditampilkan, hanya file text yang akan ditampilkan.
  • (required)

    A- A A+