BANTUAN PENDIDIKAN: 206 Guru Peroleh Beasiswa S1

2

ILUSTRASI (JIBI/SOLOPOS/Dok)

SOLO-Sebanyak 206 guru di Kota Solo bakal memperoleh beasiswa atau bantuan biaya peningkatan kualifikasi akademik guru ke jenjang S1/D4. Hal ini menyusul telah ditetapkannnya kuota penerima bantuan pendidikan S1 dari tingkat kota dan provinsi.

Jumlah tersebut mencakup 55 orang yang mendapatkan bantuan dari tingkat kota dan 151 orang memperoleh bantuan dari provinsi.

Kepala Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Sulardi, mengungkapkan jumlah 206 guru tersebut masih bersifat sementara. Pasalnya hingga ,Jumat (10/2/2012), belum ada informasi berapa kuota penerima bantuan serupa dari pemerintah pusat.

“Jumlah itu disesuaikan dengan anggaran yang ada,” ujarnya saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Jumat (10/2).

Setiap penerima bantuan tersebut, terangnya, akan memperoleh dana senilai Rp1,5 juta untuk penerima bantuan tingkat kota, Rp2,5 juta untuk penerima bantuan tingkat provinsi dan Rp3,5 juta untuk penerima bantuan dari tingkat pusat. “Tahun ini tidak ada penambahan jumlah bantuan. Sama dengan tahun lalu,” katanya.

Saat ini, ungkapnya, sedang dilakukan pendataan dan verifikasi data yang sudah masuk ke Disdikpora. Pendataan dilakukan untuk mengetahui berapa jumlah pasti guru yang sedang menempuh pendidikan S1 dan S2, guru yang sudah dan belum mengikuti proses sertifikasi guru. “Pendataan dilakukan lebih awal agar ketika nanti ada kebutuhan mendadak bisa diantisipasi,” jelasnya.

Sementara itu seorang guru SD Islam Cokroaminoto Solo yang kini sedang menempuh pendidikan S1, Khoirina Munadiyah, mengaku cukup kewalahan ketika harus mengumpulkan berkas pengajuan memperoleh bantuan pendidikan tersebut. Pasalnya waktu pemberitahuan sangat mepet.

Ia manguraikan, berdasarkan surat edaran dari dinas tertanggal 30 Januari itu, batas akhir pengumpulan berkas ke Disdikpora adalah 5 Februari. Sebelumnya bagi guru TK/SD/SLB, berkas harus dikumpulkan ke Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) setiap kecamatan pada 4 Februari. “Padahal surat itu baru diterima sekolah 2 Februari, jadi waktunya mepet sekali,” ungkapnya.

Berkas yang harus dipenuhi oleh mereka yang akan mengajukan bantuan biaya pendidikan S1, kata Khoiria, adalah fotokopi Surat Keterangan pengangkatan dan SK terakhir bagi guru berstatus pegawai negeri sipil (PNS), fotokopi SK yayasan bagi guru non-PNS, fotokopi ijazah terakhir, fotokopi kartu mahasiswa, fotokopi kartu hasil studi, fotokopi kartu rencana studi, surat keterangan mengajar 24 jam, surat keterangan sehat dari dokter, fotokopi surat izin belajar dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD), biodata calon penerima. JIBI/SOLOPOS/Eni Widiastuti

2 Komentar untuk “BANTUAN PENDIDIKAN: 206 Guru Peroleh Beasiswa S1”

  1. mhn info utk thn 2013 kapan om ?

Syarat dan Ketentuan:
  • Tulisan singkat, padat, Sopan
  • Tulisan bukan SARA, bukan fitnah, tidak promosi atau mendiskreditkan pihak maupun produk tertentu.
  • Format HTML tidak dapat ditampilkan, hanya file text yang akan ditampilkan.
  • (required)

    A- A A+