Banggar DPRD Solo Pastikan Zero Defisit

Ayu Prawitasari/JIBI/SOLOPOS 0

Ketua DPRD Solo, YF Sukasno (Dok/JIBI/SOLOPOS)

SOLO–Badan anggaran (banggar) DPRD Solo memastikan anggaran perubahan 2012 dalam kondisi zero defisit.

Sebelumnya diakui Ketua DPRD Solo, YF Sukasno anggaran perubahan dalam kondisi defisit. Namun dia enggan menjelaskan berapa kepastian defisit tersebut.

“Karena banyaknya kebutuhan dalam satu tahun anggaran, kondisi defisit memang biasa terjadi. Namun ya tidak sampai sangat  besar seperti daerah lainnya. Hanya beberapa ratus juta. Tak sampai menyentuh angka miliar,” jelasnya ketika dijumpai wartawan, Rabu (29/8/2012).

Dengan adanya defisit pada rencana anggaran perubahan, sambung Kasno, banggar langsung melakukan rasionalisasi. Beberapa kegiatan yang tidak perlu dilakukan langsung dicoret supaya tidak terjadi sisa lebih perhitungan anggaran (silpa). Dengan terbatasnya anggaran perubahan, kegiatan yang berlangsung hingga akhir tahun dipilih kegiatan yang sifatnya penting dan mendesak.

Masih mengenai pembahasan anggaran perubahan, menurut Kasno, banggar juga melakukan evaluasi atas penyerapan anggaran hingga akhir Agustus. Banggar berharap pada awal September seharusnya 50% anggaran bisa terserap supaya tidak menjadi mubazir pada awal tahun.

Pernyataan sama disampaikan Wakil Ketua DPRD Solo, M Rodhi. “Saat ini rencana anggaran perubahan dalam kondisi zero defisit. Sebelumnya memang terjadi defisit hingga Rp53 miliar namun bisa ditutup dengan surplus yang jumlahnya sama sehingga tidak terjadi kekurangan anggaran,” ujar Rodhi.

Syarat dan Ketentuan:
  • Tulisan singkat, padat, Sopan
  • Tulisan bukan SARA, bukan fitnah, tidak promosi atau mendiskreditkan pihak maupun produk tertentu.
  • Format HTML tidak dapat ditampilkan, hanya file text yang akan ditampilkan.
  • (required)

    A- A A+