BANDARA BARU JOGJA: Agkasa Pura I Siapkan Angkutan Kereta Api

Berliana Elisabeth S/JIBI/Bisnis Indonesia 1

ilustrasi

JAKARTA–PT Angkasa Pura I berencana mengembangkan kereta api bandara di Jogja seiring rencana pembangunan bandara baru.

Direktur Operasional dan Teknik PT Angkasa Pura I, Harjoso mengatakan, keberadaan rel kereta api sebagai jalur transportasi alternatif selain jalan atau jalan tol, memperluas konektivitas dan meningkatkan kecepatan yang berimplikasi pada pertumbuhan ekonomi yang lebih baik.

“Bandara Yogyakarta International yang baru diharapkan akan menjadi pilot project untuk airport city. Dalam konsep airport city ini memadukan transportasi antar moda,” kata Harjoso dalam acara sarasehan Prospek KA Bandara di Jakarta, Selasa (17/7).

Dia menjelaskan kereta api (KA) di Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta sebenarnya sudah ada sejak lama. Namun seiring rencana pembangunan bandara baru, pihaknya akan memindahkan kereta api bandara, yang akan menghubungkan Kota Jogja dan Purworejo menuju bandara.

“Ada dalam masterplan kami, namun masterplan pengembangan kereta bandara ini perlu dibicarakan dengan PT Kereta Api Indonesia,” ucapnya.

Pengembangan kereta bandara, imbuh Harjoso, harus diprioritaskan pada bandara-bandara utama yang tingkat pertumbuhannya cukup tinggi, di antaranya Soekarno-Hatta Jakarta, Juanda Surabaya, Ngurah Rai Denpasar, Adi Sutjipto Jogja dan Kuala Namu Medan serta bandara-bandara lain yang telah memiliki akses jaringan kereta api.(ali)

1 Komentar untuk “BANDARA BARU JOGJA: Agkasa Pura I Siapkan Angkutan Kereta Api”

  1. bandarane sidone nyandi om? West p or bntul?

Syarat dan Ketentuan:
  • Tulisan singkat, padat, Sopan
  • Tulisan bukan SARA, bukan fitnah, tidak promosi atau mendiskreditkan pihak maupun produk tertentu.
  • Format HTML tidak dapat ditampilkan, hanya file text yang akan ditampilkan.
  • (required)

    A- A A+