ARUS MUDIK: Jumlah Pemudik di Bandara Adi Soemarmo Melonjak

Ponco Suseno/JIBI/SOLOPOS 0

Petugas sedang membongkar muatan dari sebuah pesawat di Bandara Adi Soemarmo. Di musim mudik Lebaran kali ini terjadi peningkatan jumlah penumpang yang melebihi jumlah tahun lalu di masa yang sama. (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

BOYOLALI-Jumlah pemudik yang menumpang pesawat terbang di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, menjelang Lebaran melonjak pesat. Puncak arus mudik pengguna pesawat terbang terjadi H-2, jumlah pemudik mencapai 3.140 orang.

Sesuai catatan yang dihimpun di Bandara Adi Soemarmo, jumlah tersebut jauh melebihi tahun sebelumnnya yang hanya mencapai 2.291 orang. Hal ini mengindikasikan, penumpang pesawat terbang terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Di hari-hari biasa di luar momentum Lebaran, jumlah pengguna pesawat hanya mencapai 1.000-an orang.

“Beberapa pesawat terbang ada yang menjalani extra flight, seperti Silk Air, Batavia, Lion Air, Trigana dan Indonesia Air Transport,” kata Air Port Duty Manager Bandara Adi Soemarmo, Sunarto. Sunarto mengatakan jumlah kedatangan pesawat yang masuk ke Bandara Adi Soemarmo mulai H-2 mencapai 19 buah. Dibandingkan tahun lalu, hal ini juga mengalami peningkatan signifikan (tahun lalu saat H-2 mencapai 15 pesawat). Sepanjang momentum Lebaran diakui ada pesawat yang mengalami delay. Namun, hal itu tak berpengaruh buruk pada penumpang. Delay yang terjadi masih dalam batas kewajaran.

Disinggung tentang persiapan arus balik mendatang, Sunarto memperkirakan puncak arus balik terjadi pada H+3 hingga H+7.
“Penumpang yang dimaksud di sini, termasuk penumpang domestik dan internasional,” katanya.

Syarat dan Ketentuan:
  • Tulisan singkat, padat, Sopan
  • Tulisan bukan SARA, bukan fitnah, tidak promosi atau mendiskreditkan pihak maupun produk tertentu.
  • Format HTML tidak dapat ditampilkan, hanya file text yang akan ditampilkan.
  • (required)

    A- A A+