AKSI TERORISME SOLO: Pemkot Rencanakan Gelar Apel Solo Damai

Taufiq Sidik Prakoso/Arif Fajar S/JIBI/SOLOPOS 3

Wakil Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/SOLOPOS)

SOLO–Pascapenggerebakan orang-orang yang diduga pelaku aksi teror di sejumlah pos penjagaan polisi di Kota Solo, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo berencana menggelar Apel Solo Damai yang diikuti 2.000 peserta.  Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk menggugah kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga keamanan di lingkungan masing-masing. Kegiatan itu direncanakan akan berlangsung, Selasa (04/09/2012).

Sekretaris Daerah (Sekda) Solo, Budi Suharto, menerangkan apel digelar guna mengajak masyarakat untuk lebih banyak memainkan peran mereka dalam menjaga keamanan lingkungan.

“Apel ini bukan dalam rangka show force, memamerkan [kekuatan], tetapi kami ingin menggugah bahwa keamanan adalah urusan semua. Saya bukan mengatakan aparat tidak mampu, tetapi banyak memainkan peran masyarakat,” jelasnya kepada wartawan, Sabtu (01/09/2012), di Balaikota.

Diterangkannya, selama ini berbagai kegiatan untuk pengawasan keamanan lingkungan mulai dilupakan. Dicontohkannya, kegiatan seperti pengamanan masyarakat swakarsa (pam swakarsa) serta kegiatan ronda saat ini sudah hilang.

“Ini bukan program baru, kewajiban kita masih banyak yang terlewatkan atau tidak dikelola dengan baik,” tambahnya.

Sementara, Wawali FX Hadi Rudyatmo mengatakan apel itu akan diikuti unsur masyarakat seperti LPMK, RT, RW dan Ormas. Tak ketinggalan unsur Polri dan TNI.

“Kegiatan ini untuk meningkatkan pentingnya siskamling sebagai wujud partisipasi masyarakat,” ujarnya kepada wartawan seusai menghadiri jumpa pers bersama Kapolri di Aula Mapolres, Sabtu.

3 Komentar untuk “AKSI TERORISME SOLO: Pemkot Rencanakan Gelar Apel Solo Damai”

  1. kedamaian. ketenteraman, kenyamanan itu semua milik bersama dan menjadi tanggungjawab bersama. TNI, polisi, aparat pemerintah dan masyarakat semuanya mempunyai kewajiban untuk peduli terhadap keamanan lingkungan sekitarnya. hilangkan sikap masa bodoh, tingkatkan kewaspadaan dan peduli terhadap kehadiran orang asing dan kegiatan yang mencurigakan adalah kunci keamanan lingkungan..

  2. sangat di sayangkan jika karakter warga solo yg cukup toleran sesama orang di jadikan sarang perpecahan
    ayoo bangkit wong solo perangi para pengacau, supaya solo tetap jadi kota idaman bagi semua orang

  3. Rakyat harus sadar solo adalah milik mereka bersama bukan milik kelompok atau golongan jangan mau di sekat sekat dan diadu domba apapun Alasanya. Cara cara adu domba yang terjadi di masyarakat sebenarnya sederhana 1. Perlahan tapi pasti memutus tali silaturahmi antar umat beragama perorangan atau kelompok. 2.Membuat kelompok2 atau mengajak masuk kegiatan kelompok. 3.menanamkan perbedaan (siapa mereka siapa kita) apa yang diangagap palsu dan apa yang diangap murni 4. jika tahap diatas terpenuhi tinggal di cuci dengan bahan pemutih yabg kuat. 5.yang lulus Siap tunggu perintah.

Syarat dan Ketentuan:
  • Tulisan singkat, padat, Sopan
  • Tulisan bukan SARA, bukan fitnah, tidak promosi atau mendiskreditkan pihak maupun produk tertentu.
  • Format HTML tidak dapat ditampilkan, hanya file text yang akan ditampilkan.
  • (required)

    A- A A+